Adsense

Jumat, 25 Oktober 2013

Menu Engineering (Bagian 2) Tips Menyusun Menu Secara Strategis

Ilmu Menu Engineering adalah penggabungan antara ilmu psikologi, akunting, dan marketing yang bertujuan untuk memaksimalkan profit bagi perusahaan. Menu engineering juga dapat digunakan untuk menggiring pelanggan memilih menu yang diinginkan perusahaan, sekaligus menjauhkan mereka dari menu yang tidak diharapkan perusahaan. Meskipun ilmu ini sering digunakan pada industry hospitality terutama restoran, ilmu ini juga dapat diaplikasikan di industry manapun.
Secara singkat, ilmu psikologi diterapkan dalam hal penempatan urutan makanan dan minuman di suatu buku menu. Urutan menu yang paling mudah diingat oleh pelanggan adalah di awal dan di akhir. Menurut riset, menu yang berada di paling atas adalah menu yang paling banyak dipesan. Pada contoh kasus resto sushi, menu AYCE memang ditempatkan di posisi paling depan pada buku menu. Menu kedua menduduki urutan kedua menu yang paling banyak dipesan, sedangkan menu yang paling banyak dipesan ketiga adalah menu yang posisinya paling bawah. Menururt Mark Todd, alasan di balik penempatan dan penjualan menu ini sangat sederhana, “Orang menjadi semakin malas dan tidak mau membaca semua daftar menu”.
Penjelasan yang baik tentang menu juga menghasilkan efek yang positif karena dapat meningkatkan kepuasan konsumen dan perceived value yang lebih tinggi. “Apabila Anda kurang kreatif dalam membuat penjelasan tentang menu, lebih baik Anda membayar orang yang dapat menulis dengan sangat baik sehingga dapat membuat pelanggan meneteskan air liur ketika mereka membacanya”, tutur Mark.
Langkah-Langkah Membuat Urutan Menu yang Baik
1. Hitung secara detail harga modal dari tiap menu yang Anda jual
2. Tempatkan menu yang mendatangkan paling banyak keuntungan bagi Anda di urutan pertama. Pada kasus pizza, vegetarian pizza merupakan menu yang keuntungannya paling besar karena harga sayuran yang secara umum lebih murah.
3. Tempatkan menu yang paling banyak keuntungan kedua pada urutan nomor 2
4. Tempatkan menu yang paling banyak keuntungan ketiga pada urutan terakhir
5. Beberapa menu yang tidak terlalu menguntungkan sebaiknya tidak dimasukkan ke dalam menu. Sediakan hanya apabila ada pelanggan yang menanyakan
6. Berikan penjelasan yang sangat baik untuk ketiga menu tersebut disertai dengan gambar yang bagus
sumber : BCC Indonesia.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silakan berikan kritik dan saran untuk artikel ini. Terima kasih telah membaca artikel saya.