Selasa, 31 Januari 2012

8 KAIDAH BEKERJA DI RUMAH







work-at-homeBisa bekerja di rumah menjadi impian hampir semua orang. Karena itu banyak yang memutuskan untuk mengelola bisnis rumahan. Tapi sayangnya, tak semua orang bisa melakukannya secara efektif. Ada banyak gangguan yang mampu memperlambat kinerja ataupun laju keberhasilan usaha Anda. Berikut adalah 8 kaidah yang dapat membuat Anda tetap produktif bekerja di rumah seperti yang dilansir dari laman eHow.

Tetap fokus dan produktif selama hari kerja bisa tercapai asalkan Anda memiliki ruang kerja pribadi. Pilih ruang yang nyaman untuk bekerja. Jika kamar Anda memiliki ruang yang sangat luas, ruang itu bisa diubah menjadi ruang kerja yang ideal. Tapi bila tidak, ciptakan sendiri ruang kerja yang sesuai dengan kebutuhan dan keinginan Anda.

Ciptakan jam kerja
Perlakukan bisnis rumahan Anda selayaknya pekerjaan profesional dengan jam kerja kantoran agar bisa produktif. Ciptakan jam kerja yang telah disesuaikan dengan pekerjaan rumah tangga dan gunakan jam kerja tersebut seoptimal mungkin.

Rancang jadwal
Buat jadwal atau daftar tugas harian. Tanpa itu, Anda berisiko membuang-buang waktu yang berharga. Jadwal harian ini bisa membantu Anda untuk senantiasa fokus dan dapat menyelesaikannya dengan lebih cepat. Tetapkan juga berapa lama Anda ingin menyelesaikan tiap-tiap pekerjaan yang terdapat dalam jadwal harian.

Istirahat
Seperti bekerja di kantoran, Anda juga membutuhkan waktu untuk istirahat jadi tetapkan jam istirahat Anda agar bisa terus konsentrasi. Sebagai contoh, jika Anda bekerja selama 2 jam maka Anda bisa menetapkan waktu untuk istirahat selama 20 menit. Waktu istirahat ini juga dapat dipergunakan untuk menyambi pekerjaan rumah tangga seperti mencuci, menjemput anak dan lainnya.

Hitung pengeluaran
Menjalankan bisnis di rumah menyebabkan serangkaian tagihan membengkak seperti tagihan listrik, telepon dan lainnya. Hitung pengeluaran bisnis dan pisahkan dengan pengeluaran rumah tangga. Sisihkan juga pengeluaran untuk membeli perlengkapan bisnis seperti komputer, kertas, printer, dll.

Batasi berselancar di dunia maya
Browsing di dunia maya bisa menurunkan produktivitas bisnis Anda. Apalagi bila hanya sekedar “cuci mata” dengan melihat produk atau informasi yang tak berhubungan dengan bisnis. Bagi Anda yang mengelola bisnis online, gunakan waktu seefisien mungkin dalam menjalani bisnis. Lakukan hal krusial terlebih dahulu seperti memeriksa surat elektronik, memeriksa transaksi via internet dal sebagainya.

Mempekerjakan asisten
Ketika bisnis berkembang dan Anda merasa kesulitan mengelolanya, sudah waktunya untuk mempekerjakan asisten. Anda bisa mempekerjakan asisten untuk menangani rumah tangga sehingga bisa lebih fokus mengembangkan bisnis atau Anda bisa hire pegawai yang bisa dipercaya untuk menangani pekerjaan dalam bisnis Anda.

Belajar untuk berkata “tidak”
Ketika teman dan kerabat dekat mengetahui bahwa Anda bekerja dari rumah, mereka mungkin akan mulai menelpon untuk meminta bantuan, seperti menjemput anak mereka dari sekolah, menjaga anak selepas sekolah dan setumpuk tugas lainnya. Memang tak ada salahnya membantu orang-orang yang Anda sayangi tapi bila permintaan mereka memengaruhi kinerja atau bisnis Anda, tak ada salahnya pula untuk menolak. (fkr)

1 komentar:

Silakan berikan kritik dan saran untuk artikel ini. Terima kasih telah membaca artikel saya.