Adsense

Jumat, 11 Juli 2014

REZEKI LEBARAN KUE KERING KARAKTER KARTUN


Kue atau cookies karakter kini sedang naik daun. Bentuknya yang lucu-lucu seperti aneka tokoh kartun, angka atau abjad ditambah warna yang menarik, membuat cookies karakter memiliki banyak peminat. Apalagi di bulan puasa seperti ini, permintaan kue kering ini pun membeludak untuk persiapan lebaran. Para produsen kue pun meraup omzet berlipat.
Hari Idul Fitri tinggal beberapa minggu lagi. Ini merupakan pertanda baik bagi para pengusaha kue kering. Pasalnya, mereka tentu akan kebanjiran pesanan. Maklum, saat ini kebanyakan orang memilih untuk membeli kue ketimbang membuat sendiri.
Aisyah Baidah, produsen kue asal Bandung ini misalnya, dia mengaku sudah kewalahan menerima pesanan kue kering. Pada momen seperti ini dia bisa menerima pesanan hingga 1.000 stoples per minggu.
Padahal di bulan-bulan normal, Aisyah hanya memproduksi sekitar 200 stoples per bulan. Untuk memenuhi seluruh pesanan, saat ini dia dibantu 15 karyawan.
Ingin memberikan tampilan yang unik dan menarik, Aisyah membuat kue kering berkarakter seperti kue nastar Anggry Bird, kue kering Doraemon, Hello Kitty dan lainnya sejak tahun 2013.
Harga jual kue buatannya sebesar Rp 45.000 per stoples. Tetapi, untuk para pelanggan yang membeli lebih dari dua stoples,  diberikan harga spesial yaitu Rp 35.000 per stoples. Sedangkan, untuk para tengkulak yang memesan minimal 60 stoples diberikan harga khusus yaitu Rp 30.000 per stoples.
Pesanan yang datang hampir dari seluruh wilayah Indonesia beberapa diantaranya seperti Kalimantan, Bandung, Jakarta dan Sumatera. Lantaran permintaan membeludak, omzet yang dia dapat pun berlipat. Dalam seminggu Aisyah mengaku dapat mengantongi omzet sekitar Rp 30 juta hingga Rp 35 juta. "Keuntungannya saya bisa dapat lebih dari 100%," katanya.
Pemain lainnya yang juga menggeluti bisnis kue kering adalah Ivana Indriany. Wanita yang juga pemilik Key’s Cake ini baru awal tahun ini bergabung menjadi agen kue kering berkarakter.
Ivana memilih untuk menjadi agen kue berkarter ini karena bentuknya yang unik dan tidak banyak orang yang mampu untuk membuatnya sendiri. Lagipula, kue ini memang sedang naik daun. Ivana mengatakan, kue nastar Anggry Bird adalah karakter favorit para pelanggan saat ini.
Ivana pun sudah memiliki banyak pelanggan di berbagai daerah. Baru-baru ini dia mengirimkan kue kering berkarakter ke Kalimantan, Surabaya, Sidoarjo dan lainnya.
Ivana mengatakan, selama bulan Ramadan jumlah pesanan kue kering berkarakter sudah meningkat lebih dari 100% dari jumlah pesanan di hari-hari biasanya. Biasanya dia hanya mendapatkan pesanan sekitar 1 lusin–2 lusin per hari. Tetapi saat ini permintaan bisa mencapai lebih dari 5 lusin per hari. Ivana membandrol harga kuenya seharga Rp 45.000 per stoplesnya.
Tapi Ivana enggan mengatakan jumlah omzet yang didapat ketika permintaan sedang tinggi seperti ini. Jika dihitung-hitung penjualan saat ini sekitar 60 stoples per hari, artinya Ivana bisa meraup omzet sekitar Rp 2,7 juta per hari atau dia bisa mendapatkan omzet sekitar Rp 80 juta.(sumber : kontan.co.id)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silakan berikan kritik dan saran untuk artikel ini. Terima kasih telah membaca artikel saya.