Adsense

Selasa, 08 Juli 2014

HANGATNYA TAWARAN USAHA ROTI BAKAR


Menyantap roti bakar di pagi hari untuk sarapan atau  untuk camilan di sore atau malam hari sudah tidak asing lagi bagi masyarakat kita. Peminatnya pun tidak mengenal usia. Lantaran potensinya besar, banyak pelaku usaha membuka gerai roti bakar yang juga bisa digunakan sebagai tempat kongko dengan teman dan kolega.
Salah satu pelaku usaha kuliner yang menjalankan usaha itu adalah Dheny Dhelanto. Lewat bendera usaha Dapoer Roti Bakar, Dheny menjalankan usaha ini sejak tahun 2011 di Pasar Minggu, Jakarta Selatan. Setelah tiga tahun berjalan, Dheny mulai menawarkan kemitraan pada Februari 2014.
Saat ini dia baru memiliki satu mitra yang berlokasi di Summarecon Serpong, Tangerang. Sedangkan gerai milik sendiri ada satu di Pasar Minggu yang juga digunakan sebagai pusat pengolahan bahan baku. Gerai ini buka selama 24 jam. Selain itu, si empunya usaha menyajikan roti dan selai yang diproduksi sendiri dengan resep rahasia turun temurun.
Bagi mitra yang tertarik berbisnis roti bakar, paket investasi yang ditawarkan sebesar Rp 175 juta. Nilai tersebut sudah termasuk biaya kerjasama namun belum termasuk sewa tempat. Putri Meriska, Supervisor Dapoer Roti Bakar, mengatakan, dengan menyiapkan investasi sebesar itu, mitra sudah mendapatkan bahan baku selama satu bulan dan peralatan masak lengkap serta pelatihan karyawan.
Harga jual roti bakar di gerai in berkisar Rp 10.000-16.000 per porsi dengan pilihan 45 varian rasa diantaranya rasa cokelat, keju, nanas, stroberi, pisang, durian, abon dan telur. Selain roti bakar, menu jajanan lain juga ada seperti pisang bakar seharga Rp 8.000-12.000  per porsi. Dapoer Roti Bakar juga menjajakan aneka minuman jus, kopi, teh dan jajanan khas kaki lima lain dengan kisaran harga Rp 7.000-15.000.
Menambah gerai baru
Lokasi usaha yang harus mitra sediakan minimal seluas 10 meter (m)x20 m yang berlokasi di dekat mal, kampus atau tempat keramaian lainnya. Jumlah pegawai yang diperlukan sekitar 10 orang. Dalam sehari, target penjualan sekitar 100 porsi roti bakar. Manajemen menghitung, mitra bisa meraup omzet hingga Rp 100 juta per bulan bila tempat usaha cukup strategis. "Pusat tidak mengutip biaya royalti, namun mitra wajib membeli bahan baku seperti roti dan selai dari pusat," kata Putri.
Karena penawaran kerjasama kemitraan masih terbilang baru, Dapoer Roti Bakar belum menargetkan terlalu banyak penambahan mitra baru. Manajemen menargetkan bisa menambah empat mitra baru di tahun ini.
Anang Sukandar, Pengamat Waralaba sekaligus Ketua Umum Asosiasi Franchise Indonesia (AFI) berpendapat, meski roti bukan makanan yang sedang tren saat ini, namun pasarnya masih tetap ada. Mitra yang berminat harus banyak belajar strategi untuk bertahan di tengah banyaknya pilihan makanan lain.
Bukan hanya dari soal menu, tapi juga penampilan dan cara menghidangkannya.  Salah satu cara belajar adalah dengan mencontoh pemain lain yang sudah bertahun-tahun berhasil mempertahankan eksistensi usaha.    n

Dapoer Roti Bakar              
Jl. Raya Pasar Minggu No.154, Jakarta Selatan    
HP: 085691607778 (sumber : kontan.co.id)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silakan berikan kritik dan saran untuk artikel ini. Terima kasih telah membaca artikel saya.