Adsense

Sabtu, 19 Oktober 2013

Sourdough, Roti Sehat Kaya Serat

Anda yang melakukan diet kemungkinan besar akan mengalami kesulitan jika mencari makan di luar. Membuat makanan sendiri untuk dibawa ke kantor juga bukan merupakan solusi praktis. Sebelum Anda mengurungkan niat untuk diet , ada baiknya Anda mencoba roti sourdough, makanan sehat yang praktis untuk dibawa kemana-mana.
Meskipun sekarang roti sourdough yang populer berasal dari Jerman, bangsa Mesir telah menemukannya secara tidak sengaja pada tahun 1500 SM. Apabila cairan seperti air atau susu biji-bijian seperti gandum dan didiamkan begitu saja di udara terbuka dengan suhu ruangan, ragi liar akan tinggal di campuran ini, memakan kandungan gula dan menjadikannya asam. Karbondioksida yang dihasilkan ragi terperangkap di dalam adonan, inilah lubang-lubang yang sering kita lihat pada tekstur permukaan roti
Sourdough merupakan salah satu teknik pembuatan roti paling kuno yang sering diaplikasikan pada roti roti Eropa. Berbeda dengan kebanyakan roti Asia yang bertekstur lembut dan manis, roti Eropa memiliki rasa yang asam dan tekstur yang alot. Justru inilah wujud ideal sebuah roti bagi orang-orang Eropa. Mereka memiliki alasan yang sangat baik di balik selera mereka selain faktor tradisi.
“Roti sourdough terbuat dari bahan-bahan alami yaitu air dan tepung, bisa tepung terigu atau rye. Selain itu roti ini juga biasanya mengandung biji-bijian yang diperlukan tubuh seperti kacang, poppy seed, sunflower seed, pumpkin seed, sesame, and oatmeal”, jelas I Made Kona, Pastry Chef Hotel Ritz Carlton. Salah satu roti yang memiliki nutrisi paling lengkap adalah Muesli bread.
Muesli sendiri adalah sereal sarapan pagi yang terdiri dari campuran biji-bijian seperti oat, kismis, dan almond yang terbukti ampuh mencegah kanker, atherosclerosis, dan menurunkan kadar kolesterol. Muesli bread juga mampu memenuhi kebutuhan serat di era makanan instan. “Sepotong Muesli bread untuk sarapan pagi sudah cukup memenuhi kebutuhan nutrisi kita karena mengandung protein pada kacang, karbohidrat di tepung, vitamin di kismis, dan energi pada gula”, lanjut Kona
Seiring dengan kesadaran akan pola hidup sehat, orang mulai meninggalkan roti-roti Asia yang bisa membahayakan kesehatan dengan kadar gulanya yang terlalu tinggi. Berbeda dengan roti sourdough, roti Asia banyak menggunakan ragi instan untuk nmengembangkan adonan. “Ragi  sebenarnya adalah sejenis jamur (makhluk hidup) yang mengandung vitamin B. Tetapi jika Anda mengkonsumsi roti Asia, ada kemungkinan bahwa ragi masih hidup. Ragi ini akan membentuk asam di perut yang dapat mengakibatkan kembung”, tutur Kona.
Selain dari kalangan ekspatriat, semakin banyak orang Indonesia yang peduli kesehatan mengkonsumsi roti sourdough. Pada gigitan pertama, Anda akan merasakan aroma  menyengat dan rasa yang sangat kompleks. Jika Anda dapat bertahan, setelah beberapa gigitan Anda akan mulai terbiasa dengan rasa unik ini, bahkan bukan tidak mungkin Anda akan ketagihan. Biasanya, roti ini dikonsumsi dengan mentega, selai, atau dijadikan roti untuk sandwich.
Tuntutan pekerjaan seolah tak pernah berhenti, jika keadannya sudah begini, jangankan mencari makanan sehat, banyak orang malah lupa makan. Jika sudah begini, Anda butuh makanan alami yang siap setiap saat. Meskipun mirip dengan tagline sebuah iklan, yang kami maksud tentu saja bukan mie instan. Roti sourdough yang terbuat dari bahan alami mampu memenuhi kebutuhan nutrisi Anda untuk beraktifitas sepanjang hari. Sumber : BCC Indonesia.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silakan berikan kritik dan saran untuk artikel ini. Terima kasih telah membaca artikel saya.