Adsense

Jumat, 18 November 2011

Strategi Jeff Bezos Kembangkan Amazon.com







amazon_pemilPada saat bekerja di perusahaan Shaw & Co., Jeff Bezos sangat tertarik dengan bisnis buku. Pertama kali yang Jeff lakukan adalah mengikuti konvensi tahunan American  Booksellers Association di Los Angeles. Selama tiga hari Jeff berkeliling sepanjang lorong penjualan buku. Kesimpulan setelah ia kembali dari Los Angeles adalah bahwa tidak ada satu toko buku yang dapat mengorganisasikan penyimpanan buku yang telah terbit. Tetapi toko buku online sanggup melakukannya.
Lalu ia memberitahu bosnya, David Shaw, tentang kemungkinan luar biasa mengenai penjualan buku lewat internet. Tetapi bosnya menolak. Akhirnya dengan kesepakatan dengan istri Jeff, MacKensey, Jeff keluar dari pekerjaannya dan melakukan idenya, yaitu menjual buku lewat internet.
Dengan modal yang diberikan oleh orangtuanya, Mike Bezos, sebesar 300.000 dolar AS serta uang tabungan yang dimiliki Jeff dan istrinya, maka mereka memulai ide tersebut. Yang dilakukan Jeff selanjutnya adalah memberi nama perusahaannya. Filosofi Amazon adalah sungai terbesar di dunia dan juga memiliki koleksi terbesar di dunia membuat dirinya menamakan perusahaannya Amazon.com.
Bersama istrinya, MacKensey, dan kedua karyawannya Shel dan Paul, mereka memulai pekerjaan mereka di garasi rumah yang disewa oleh Jeff. Selanjutnya Amazon.com berkembang dengan sangat cepat seperti motto yang dimiliki Jeff, “Tumbuh besar dengan cepat."
Berikut strategi Jeff dalam membangun Amazon.com:
1. Strategi diversifikasi. Bukan hanya buku saja yang dijual secara online, tetapi juga CD, DVD, furniture, dan lain-lain.
2. Ekspansi. Dengan membuka Amazon.co.jp (untuk Jepang), Amazon.co.uk, (Inggris Raya), di Jerman, Perancis.
3. Mengakuisisi beberapa perusahaan.
4. Mematenkan penemuannya, misalnya i-clik, amazon.com, dan lain-lain.
5. Memilih SDM yang berkualitas. Prinsip dalam mengambil tenaga kerja adalah bahwa karyawannya adalah orang yang sangat cerdas, bahkan kalau bisa lebih pintar dari Jeff.
6. Melakukan IPO. (*/ dari berbagai sumber)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silakan berikan kritik dan saran untuk artikel ini. Terima kasih telah membaca artikel saya.